5 Kelebihan PHP yang Powerful dan Sejarahnya

PHP adalah bahasa scripting server yang diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995, dan kegunaannya adalah untuk membuat website yang dinamis.

PHP awalnya singkatan dari Personal Home Page, dan sekarang menjadi Hypertext Prepocesor, dan saat ini merupakan salah satu bahasa pemprograman website yang paling populer.

PHP memiliki teknologi server side scripting dengan teknologi tersebut maka skrip akan di kompilasi dan diterjemahkan di server sehingga bisa menghasilkan halaman website yang dinamis.

Banyak Content Manajemen System (CMS) saat ini menggunakan bahasa pemprograman berbasis PHP diantaranya yang memiliki kecanggihan dan kelebihan masing masing yakni WordPress, Joomla, Drupal, dimana CMS adalah aplikasi website yang berisi template untuk mengelola isi halaman web, sehingga kita tinggal cepat membuat web dan pengelolaan konten sesuai kebutuhan.

Selanjutnya kenapa kita memilih PHP sebagai bahasa pemprograman didalam membuat web? ini dia lima kelebihan dari bahasa pemprograman PHP yang poweful yakni :

Kelebihan PHP :

Kelebihan PHP #1 : Pengembangan lebih mudah karena banyak developer yang siap membantu, untuk saat ini memasuki versi 7.2 dan akan terus dikembangkan.

Kelebihan PHP #2 : PHP adalah bahasa pemprograman mudah untuk dipelajari karena banyak memiliki referensi.

Kelebihan PHP #3 : PHP adalah bahasa pemprograman yang Open Source yang dapat digunakan di berbagai Platform (Windows, Linux, Mac, Unix).

Kelebihan PHP #4 : Web Server yang mendukung PHP banyak mulai dari ISS, Apache, dan tak kalah pentingnya dapat di konfigurasi relatif lebih mudah

Kelebihan #5 : Skrip PHP di kompilasi pada sisi server, sehingga client atau user yang mengakses website tidak bisa melihat isi dari kode php, hanya dari sisi admin server yang dapat melihat isi dari skrip dari PHP, sehingga website menjadi aman dari sisi security.

Dengan demikian bagi sahabat yang ingin belajar bahasa pemprograman website maka direkomendasi untuk belajar PHP.

One comment on “5 Kelebihan PHP yang Powerful dan Sejarahnya
  1. Pingback: Tutorial Belajar Cara Instal XAMPP | Blog Ilmu Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *