5 Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Front-End Developer.

Seseorang yang bekerja pada bidang front-end Developer menjadi bagian yang penting didalam pengembangan sebuah website, Front End Developer atau yang dikenal dengan istilah client-side development adalah bidang pekerjaan tugasnya memproduksi file HTML CSS dan Javascript untuk sebuah website ataupun aplikasi berbasis web dimana user akan berinteraksi dengan menggunakan web dan aplikasi tersebut.

Didalam sebuah website selain konten, faktor lainya yakni kenyamanan, kemudahan serta kecepatan adalah hal penting sehingga membuat user betah berada di sebuah website. Maka dari itu front-end developer saat ini sangat dibutuhkan, karena kenyamanyan user bergantung pula pada bagaimana sang developer membuat web yang menarik serta nyaman untuk digunakan.

Jika sahabat tertarik untuk menjadi front-end developer setidaknya ada skill dasar yang harus dipelajari dan dikuasai.

  1. HTML dan CSS
    HTML dan CSS adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan pada teknologi web moderen saat ini, dimana dengan HTML sebagai pondasi didalam pembuatan web, dan css untuk membuat desain tampilan website menjadi menarik, maka keduanya adalah syarat utama yang harus dipelajari dan dikuasai untuk menjadi orang yang ahli pada front-end development.
  2. Accesibility dan Responsive Design
    Data terbaru yang kita tahu seputar perangkat yang digunakan untuk mengakses web sebagian user saat ini mengakses dengan menggunakan perangkat mobile (smartphone).
    Dengan data tersebut maka keahlian untuk membuat web responsive dan mobile design menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh seseorang yang ingin bekerja di front-end development pada era smartphone.
  3. Javascript
    Javascript merupakan salahsatu bahasa pemprograman yang menjanjikan saat ini, karena hampir sebagian besar website menggunakan.
    Dengan Javascript memungkinkan kita untuk menambahkan fungsional kepada website, serta bisa membuat elemen interaktif dengan javascript
  4. Web Performance
    Web performance adalah salah satu faktor yang membuat website bisa mendapat rengking yang tinggi di mesin pencari, dan salah satu faktor SEO adalah web Performance atau kecepatan website menjadi perhitungan mesin pencari khususnya google.
    Selain dari sisi mesin pencari, pada sisi user atau pengunjug web sangat berpengaruh, apabila pengunjung membuka web dan lama terbuka maka pengunjung akan meninggalkan website.
  5. Cross-Browser
    Browser terbaru saat ini sudah baik dalam menampilkan sebuah halaman website dengan teknologi terbaru, namut berbagai browser memiliki cara sendiri untuk menampilkan kode programing, dikarenakan berbagai engine yang beda kemampuan.
    Maka dari itu seorang front-end developer harus mengerti dan mempelajari cara kerja berbagai macam browser sehingga tampilan web bisa konsisten, karena tidak semua browser mendukung semua fitur.
    Ok itulah beberapa skil dasar yang perlu sahabat pelajari untuk menjadi front-end developer, semoga bermanfaat.

You may also like...

1 Response

  1. December 31, 2018

    […] Ikuti artikel menarik lainya tentang : 5 Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Front-End Developer. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *