Belajar Web Programing PHP, Harus Mulai Dari Mana?

Setelah kita mengetahui sejarah dan mengetahui kelebihan dari PHP, tahap selanjutnya yang di bahas pada sajian maknyus ini adalah dari mana kita akan memulai belajar web programing PHP?

Untuk itu langkah berikutnya kita mulai dari mengetahui perangkat dan aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan PHP. Sebelum memulai belajar sediakan teh hangat dan kue untuk menemani memulai belajar PHP.Ada beberapa aplikasi dan perangkat yang dibutuhkan didalam menjalankan PHP yakni XAMPP, Web Browser dan Teks Editor.

1. XAMPP
PHP membutuhkan Web server untuk menerjemahkan kode PHP menjadi HTML, didalam web server ini kode PHP dijalankan.
Saat ini terdapat beberapa aplikasi web server diantaranya Apache, Microsoft IIS, Litespeed, Nginx, maka dari itu kita harus pahami PHP dan web server dua aplikasi yang berbeda, dimana web server bisa mendukung berbagai bahasa pemprograman Phyton, PHP, ASP dan lainya.

Untuk penyimpanan kita membutuhkan database server seperti MySQL dan kita hubungkan satu dengan lainya, bagi orang awam untuk menginstal dan mengkonfigurasi aplikasi satu persatu aplikasi dari web server kemudian database server akan membingungkan, maka dari itu XAMPP ini dibutuhkan.

XAMPP merupakan aplikasi satu paket yang isinya (web server – PHP – MySql) dalam satukali instalasi kita sudah mendapat tiga aplikasi lengkap sampai dengan konfigurasi yang siap untuk digunakan.

XAMPP tersedia gratis dan dapat di download melalui web resmi : https://www.apachefriends.org

2. Browser
Aplikasi berikutnya yang dibutuhkan untuk menjalankan PHP adalah web browser, ada beberapa web browser populer yang digunakan : Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera dan masih banyak lainya tetapi disarankan tiga browser ini karena banyak digunakan.

3. Text Editor
Teks editor adalah aplikasi yang digunakan didalam menginput kode program PHP, pada dasarnya PHP adalah file yang memiliki kode dan tata cara penulisan yang berbeda sesuai dengan bahasa program PHP dengan ekstensi (.php) dengan kita menggunakan teks editor maka akan membantu dipermudah didalam mengoreksi secara otomatis kode-kode program yang kita tulis.

Beberapa teks editor gratis yang sering digunakan Notepad ++, Komodo Edit, brackets, netbein, dan masih banyak lainya sesuai dengan selerah masing-masing. adapula yang top Adobe Dreamweaver aplikasi ini cukup legendaris dengan fasilitas yang lengkap, tetapi disarankan untuk pemula dan proses belajar kita jangan dulu menggunakan aplikasi ini.

OK kita telah siap untuk belajar PHP apabila tiga perangkat dan aplikasi diatas yang dibutuhkan telah terpasang, 🙂 selanjutnya kita akan mulai masuk pada praktek menjalankan kode PHP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *