Cara Input JavaScript ke Dalam HTML

Hi sahabat ilmuweb.net kita jumpa lagi pada tutorial tentang JavaScript, pada tutorial ini kita akan membahas bagaimana cara input JavaScript ke Dalam HTML.

Kali ini kita akan menggunakan cara penulisan inline JavaScript dimana menempatkan kode JavaScript secara langsung ke dalam atribut tag HTML.

Buat file latihan1.html kemudian ketikan kode program berikut :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <meta charset="utf-8">
  <title>Latihan 1</title>
</head>
<body>
  <h1>Belajar JavaScript</h1>
  <button onclick="alert('Latihan JavaScript');">
    Klik Tombol Ini!
  </button>
</body>
</html>

Disini kita membuat tag <button> digunakan membuat tombol, selanjutnya perhatikan atribut onclick=”alert(‘Latihan JavaScript’);” ini adalah kode dari JavaScript.

Atribut Onclick adalah atribut khusus sebagai event, dimana event ini adalah kode pada JavaScript akan dijalankan pada saat tombol di klik.

Selanjutnya kita coba jalankan kode program sederhana diatas, klik tombol ini, maka akan tampil pop-up Latihan JavaScript.

Metode Inline ini JavaScript praktis namun memiliki beberapa kelemahan :

  1. Kode JavaScript bercampur dengan kode HTML, sehingga akan memakan waktu yang lama untuk mencari kode diantara JavaScript.
  2. Kode JavaScript ditulis satu barus sehingga tidak cocok untuk kode yang panjang.
  3. Kode JavaScript tidak bisa digunakan pada tempat lain, jadi misalnya kita memiliki 4 halaman maka setiap halaman kita buat kode JavaScript masing-masing.

Sekian dulu tutorial singkat kita saat ini, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semua yang sedang belajar programing, khususnya JavaScript.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *