Cara Penulisan Syntax JavaScript

Setelah sebelumnya kita telah mempelajari mengenal JavaScript itu apa? kali ini kita akan coba mempraktekan bagaimana cara menggunakan dan syntax dari JavaScript.

Cara penulisan syntax Javascript ini perlu sahabat diperhatikan dengan baik karena ini adalah sebagai basic/dasar nantinya didalam kita mempelajari JavaScript.

Penulisan Syntax Javascript.
Ada dua cara penulisan syntax Javascript yakni menggunakan Internal dengan disisipkan pada file HTML langsung dengan tag <script> dan eksternal file kode javascript dengan file ekstensi .js dan diletakan pada tag <head> atau pada <body>. Javascript bersifat case sensitive huruf besar dan kecil dianggap berbeda.

Javascript Internal
Untuk Javascript penulisan internal dengan cara disisipkan pada file HTML langsung tag <script> pembuka dan tag </script> sebagai penutup, kemudian diletakan dalam tag <head> atau dalam <body>. berikut contoh penulisan Javascript dengan cara internal.

belajarjs.html

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <meta charset="utf-8">
  <title>Belajar Javascript</title>
</head>
<body>
  <h1>Cara Penulisan Dan Penggunaan JavaScript</h1>
  <div id="nama"></div>	
    <script>
    document.getElementById("nama").innerHTML = "Ini Tulisan Menggunakan JavaScript";	
  </script>
</body>
</html>

Kita lihat pada tag <script> terdapat element dari javascript untuk menampilkan teks dengan tulisan “ini tulisan menggunakan javascript” hasil dari dijalankan syntax javascript sebagai berikut :

 

Javascript Eksternal
Setelah kita mempelajari cara penulisan syntax javascript secara internal, saat ini kita mencoba cara penulisan eksternal, untuk itu langkah awal disini kita akan membuat dua buah file belajarjavascript.html dan javascript.js file yang berisi syntax javascript diletakan pada satu folder.

belajarjavascript.html

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <meta charset="utf-8">
  <title>Belajar Javascript</title>
</head>
<body>
  <h1>Belajar Javascript</h1>
  <div id="nama"></div>	
</body>
  <script type="text/javascript" src="javascript.js"></script>
</html>

 

Selanjutnya kita buat file eksternal baru javascript.js

javascript.js

document.getElementById("nama").innerHTML = "Belajar Menggunakan JavaScript";

 

Dimana pada file belajarjavascript.html kita jalankan dan pada tag <script type=”text/javascript” src=”javascript.js”></script> akan mengambil javascript yang berada di file eksternal dengan nama file javascript.js

Maka hasilnya seperti berikut.

Kita lihat pada tulisan “Belajar Menggunakan JavaScript” adalah file eksternal Javascript yang di load dari eksternal javascript.js. Sedangkan tulisan Belajar Javascript adalah file utama dari belajarjavascript.html

OK sahabat sekian totorial tentang cara penulisan Syntax Javascript, diharapkan sahabat dengan mempelajari tutorial ini sahabat sudah bisa memahami tentang tata cara dasar penulisan syntax javascript baik internal maupun eksternal sehingga menjadi langkah selanjutnya untuk belajar Javascript lebih menyenangkan.

Majulah Programing Indonesia, salam sukses penuh keberkahan.

 

You may also like...

1 Response

  1. October 13, 2018

    […] kita mempelajari bagaimana cara penulisan syntax Javascript, selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara melihat kesalahan (erorr) pada […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *