Mengenal Apa Itu JavaScript?

Javascript adalah sebuah bahasa pemprograman yang digunakan untuk membuat tampilan website lebih interaktif dan dinamis. Didalam pemprograman web bahasa pemprograman javascript adalah salah satu bahasa pemprograman yang wajib untuk dikuasai.

Pengertian Javascript.

Javascript adalah bahasa pemprograman bersifat client side, dimana bahasa yang tipe pemprograman bersifat client side, pemprosesannya di proses pada sisi client.

Javascript berbeda dengan bahasa pemprograman PHP dimana PHP adalah bahasa pemprograman server side, dimana seluruh kode program dijalankan pada server.

Untuk menjalankan Javascript kita hanya membutuhkan teks editor dan web browser.

Fungsi Javascript.

Adapun fungsi dari Javascript adalah membuat respon antara user dengan web lebih cepat tidak harus menunggu dari server, dimana sebelumnya pemprosesan diproses pada server.

Misalnya kita mengisi form dan submit, dan menunggu 10 detik ternyata ada kolom yang belum terisi, maka kita mengisi lagi dari awal form tersebut.

untuk keperluan seperti pada contoh itulah javasript diciptakan agar dapat validasi apakah form sudah terisi atau belum sehingga tidak perlu diproses pada sisi server hanya pada sisi client, kemudian apabila form telah lengkap baru dikirim pada sisi server.

Pada perkembangan javascript tidak hanya untuk validasi form tetapi banya fungsi misalnya, untuk membuat game di web, fasilitas chat, serta berbagai efek moderen pada website.

Javascript pada awalnya menjadi bahasa pemprograman yang tidak mudah, akan tetapi dengan perkembanganya berbagai komunitas programing menciptakan library JQuery untuk memudahkan membuat pemprograman javascript.

Untuk itu kedepan javascript menjadi kebutuhan didaman membuat sebuah web moderen.

Setelah tulisan ini ikuti terus blog ini ya sahabat karena kita pada tutorial selanjutnya kita akan mempelajari tentang Javascript.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *