Pemprosesan Form dengan PHP dengan Metode GET

Pada tutorial PHP lanjutan ini kita akan membahas tentang pemprosesan form dengan metode get pada PHP dan HTML.

Form adalah bagian yang penting dalam sebuah website, hampir semua website membutuhkan form seperti form pendaftaran, form registrasi, form login dan lain-lain.

Dalam pemprosesan data dari form yang kita buat membutuhkan perpaduan kode HTML dan PHP, dimana HTML digunakan menampilkan form, sedangkan PHP untuk memproses form.
Struktur Dasar Form HTML.

Adapun struktur dasar form simpelnya sebagai berikut :

<!DOCTYPE html>
<head>
<title>Belajar PHP & HTML</title>
</head>
 <body>
    <h2>Pemprosesan Form PHP - HTML</h2>
    <form action="proses_form.php" method="get">
    Nama: <input type="text" name="nama" />
    Alamat: <input type="text" name="alamat" />
    <input type="submit" value="Submit">
    </form>
 </body>
</html>

Jika menjalankan form HTML tersebut diatas akan menampilkan dua bagian input nama dan alamat, kemudian sebuah tombol submit untuk proses data.

Pada atribut action diisi dengan alamat PHP dimana kita akan proses disini kita buat halaman proses action=proses_form.php sehingga proses form terdapat pada file (proses_form.php)

Atribut selenjutnya adalah proses method=”get” dimana nilai atau data diproses melalui alamat URL website. Ada dua metode yang digunakan dengan get dan post, pada tutorial berikut ini kita akan membahas metode get.

Selanjutnya tang action pembuka input <input type=”text” name=”nama” /> berisi input form nama dan <input type=”text” name=”alamat” /> berisi input data alamat, kemudian <input type=”submit” value=”Submit” > adalah tombol submit untuk proses form.

Pada atribut diatas pada bagian yang paling penting kita perhatikan yakni pada bagian name=”nama” dan name=”alamat” dimana nilai ini yang akan diambil pada bagian proses PHP.

Selanjutnya kita membuat untuk halaman proses_form.php dimana halaman proses ini akan menampilkan nilai dari input yang kita masukan pada halaman form sebelumnya.

<?php 
echo $_GET['nama'];
 echo "<br/>"; 
echo $_GET['alamat']; 
?>

Setelah kita submit maka form akan diproses pada halaman proses_form.php kemudian menampilkan nilai sebagaimana kita masukan pada form sebelumnya, hasilnya sebagai berikut :

Disini kita lihat pada alamat URL terdapat ( http://localhost/ilmuweb/proses_form.php?nama=Affanul+Hakim&alamat=Manado ) dimana nama ditampilkan sesuai halaman input form yakni affanul hakim dan alamat Manado.

Terima kasih dan demikian tutorial pemprosesan form dengan metode get, semoga bermanfaat, ikuti terus tutorial selanjutnya tentang pemprosesan form dengan metode post.

You may also like...

1 Response

  1. February 23, 2018

    […] sebelumnya kita belajar form php dengan metode GET, kali ini kita belajar membuat pemrosesan form PHP dengan metode […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *