Tips Cara Belajar Web Programing

Hi sahabat, setelah libur panjang akhirnya kita bertemu lagi di blog ilmuweb.net yang selalu memberikan inspirasi dan informasi terkait web programing, sebelumnya saya dan keluarga mengucapkan selamat idul fitri 1439 H minal aidin walfaizin mohon maaf lahir batin.

Pada tulisan ini akan membahas tentang bagaimana tips cara belajar Web Programing, memang banyak jalan dan cara didalam mempelajari programing web, pada setiap orang berbeda-beda didalam belajar, akan tetapi ada harus kita pahami didalam mempelajaring programing tidak ada jalan pintas dan butuh waktu.

Ada beberapa cara atau tips cara belajar web programing yang bisa menjadi panduan, akan tetapi tidak harus mengikutinya karena setiap orang berbeda cara belajar serta pengetahuan dan pengalalam masing-masing, apabila ada tambahan bisa di tambah di kolom komentar.

1. HTML 

HTML adalah inti dari web programing, maka disarankan bagi anda yang baru akan mempelajari web programing pelajarilah dan pahami dasar-dasar penggunaan HTML karena penting dan itu adalah merupakan basic dari web programing.

2. CSS

Selanjutnya kita bisa mulai dengan belajar CSS, dengan mempelajari CSS maka kita akan memiliki dasar didalam membuat desain tampilan website, sehingga dengan mempelajari CSS kita dapat membuat tampilan  desain website menjadi indah dan menarik.

3.PHP

Kemudian setelah kita mempelajari HTML, dan CSS maka selanjutnya kita pelajari bahasa web programing PHP, karena  PHP digunakan untuk membuat program pada sebuah website mulai dari mengatur koneksi dengan database, membuat logika pemprograman, serta memproses form, mengapa kita mempelajari PHP karena PHP sampai saat ini merupakan bahasa web programing yang paling populer dan paling banyak digunakan sampai saat ini. Ada banyak aplikasi web yang bisa kita buat misalnya sistem informasi, portal berita, sistem pakar dll.

4.Database MySQL

Selenjutnya kita pelajari database, disini kita akan mempelajari berbagai database, di sini database yang saya gunakan adalah MySQL akan tetapi didalam perkembangan databse terbaru untuk web sudah mulai dengan menggunakan MariaDB,  adapun kegunaan dari database adalah tempat didalam menyimpan berbagai data yang diproses oleh PHP, sehingga dengan database maka website akan dinamis.

5. JavaScript

Untuk membuat animasi pada web maka dibutuhkan JavaScript sehingga dengan Javascript halaman web menjadi interaktif, membuat animasi serta game online.

Ok sampai disini sebenarnya masih banyak yang akan dipelajari didalam belajar web programing kita akan membahasnya pada tulisan berikutnya, mesti dipahami dalam belajar programing web membutuhkan waktu, serta dipelajari step by step, dan disesuaikan dengan tujuan dari anda mempelajari web programing, untuk membuat portal, tugas, dan masih banyak lagi berbagai aplikasi yang bisa dibuat dengan web programing.

Semoga bermanfaat salam sukses penuh keberkahan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *