Tips Mengatasi Berbagai Error Pada PHP

Didalam kita membuat sebuah program dengan menggunakan PHP pasti menemui berbagai error, dari lupa menutup statemen (;) sampai kesalaham membuat logika.

Tapi anda tidak perlu takut karena error adalah hal yang biasa didalam membuat kode program, dan programer yang ahli sekalipun pasti tetap mendapati error, apalagi kode program yang rumit.

Semakin anda sering berlatih membuat kode program maka semakin mudah kita didalam memahami eror yang ada.

Ada beberapa error yang sering terjadi pada PHP yakni Warning, Error, dan Notice

Error
Error adalah pesan dimana ada yang salah dengan kode program, dan harus diperbaiki karena program PHP akan berhenti memproses kode program, seperti pada contoh dibawah saya tidak memasukan tanda penutup statement (;) maka akan muncul seperti pada gambar dibawah ini:


<?php
 $nama = "Affanul hakim"
 echo $nama;
?>

Warning.
Warning adalah menyampaikan ada kode program yang salah, tetapi PHP akan melanjutkan kode program, disini saya tidakĀ  ada file proses.php didalam satu folder atau direktori dengan file error1.php maka akan muncul tampilan error seperti dibawah ini:


<?php
 include("proses.php");
?>

Notice
Notice adalah pesan berisi pemberitahuan kode program, pada dasarnya tidak ada perintah yang salah tetapi ada fungsi atau perintah yang tidak disarankan. seperti pada contoh berikut nama variabel salah ($Alamat) harusnya huruf A adalah huruf kecil, maka akan tampil pesan error kesalahan seperti berikut :


<?php
 $alamat ="Manado";
 echo $Alamat;
?>

Sebagai contoh diatas, dimana nama variabel salah dengan menggunakan huruh besar, sehingga variabel alamat tidak terdefinisi.

Ada beberapa tips dalam mengatasi berbagai error yakni :

Sering Menjalankan Kode Program
Apabila kita membuat kode program misalnya 50 baris kode program, maka kita jalankan beberapa baris misalnya jalankan 10 baris program terlebih dahulu, sampai dengan selesai 50 baris.

Kode Program Lama Sudah Berjalan Jangan Dihapus
Apabila kita mencoba kode program yang baru, maka kode program yang lama yang dihapus atau ditimpa, cukun diberikan dinonaktifkan dengan memasukan komentar pada baris program tersebut.

Perhatikan Nomor Kode Program yang error
Apabila terjadi error maka kita perhatikan nomor baris kode program yang error, jika tidak ada eror pada baris tersebut maka kita lihat baris kode program sebelumnya.

Beberapa Error yang Terjadi
Apabila terjadi banyak error maka kita fokus pada error yang pertama, kadang error pertama yang menjadi penyebab error lainya.

Pesan error copy ke Google.
Copy pesan error yang kita alami di google, mungkin inilah yang banyak yang dilakukan programer untuk memperbaiki kesalahan pada kode program.

Sekian dulu tips mengatasi error pada PHP semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar PHP. Jangan lupa ikuti terus tutorial PHP di ilmuweb.NET berikutnya akan lebih banyak tutorial PHP yang akan ditulis, Salam Sukses Penuh Keberkahan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *