Mengenal HTML Bahasa Program Standar Membuat Website

HTML adalah bahasa programing standar didalam membuat sebuah website, pada Tutorial belajar HTML Bagian 1 saya akan mengajak anda untuk mengenal dasar HTML, mempelajari HTML dan fungsinya.

HTML singkatan dari Hypertext Markup Language dimana HTML adalah bahasa pemprograman web yang dibuat dengan menggukanan tanda atau terdiri dari kode-kode HTML untuk membuat halaman Website.Sehingga dengan menguasai dan memahami HTML anda memiliki dasar yang kuat didalam membuat situs Website.

Sejarah singkat dari HTML pertamakali dirancang oleh Tim Barners-Lee pada tahun 1989, tujuan Tim Barners-Lee pada awalnya adalah untuk memudahkan ilmuwan untuk berbagi panelitian dengan melibatkan banyak universitas di banyak negara, sehingga perlu cara agar hasil penelitian dilihat dengan mudah oleh Universitas lainya, untuk menjalankan html tim barners lee mengembangkan browser dengan nama WorldWideWeb, kemudian ide html dipublis dan menjadi perhatian oleh ilmuan komputer di seluruh dunia, pada awal html 1.0, dan sampai saat ini maka dari itu terus dikembangkan html telah memasuki versi 5 dengan berbagai fitur terbaru.

Fungsi HTML
Didalam proses membuat website HTML berfungsi untuk membuat struktur dari website. HTML digunakan untuk menandai bagian mana yang berfungsi menjadi judul, bagian mana yang menjadi isi, bagian mana yang menjadi sebuah tampilan tabel.

Kita akan mencoba belajar membuat  kode HTML :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
    <h1>Belajar HTML</h1>
    <p>HTML adalah dasar untuk membuat sebuah Website, jadi wajib untuk memahami HTML  .</p>
</body>
</html>

Setelah selesai diketik pada teks editor, anda jalankan HTML yang telah kita buat dan disimpan dengan nama file ( latihanhtml.html ) dan lihat hasil pada browser kesayangan anda 🙂

Penjelasan dari kode HTML diatas adalah sebagai berikut :

  1. Semua dokumen HTML di buka dan deklarasikan dengan <!DOCTYPE html>
  2. Dokumen HTML dimulai dengan <html> dan ditutup </html>
  3. Bagian yang terlihat atau yang ditampilkan berada diantara <body> dan </body>.

Dari kode HTML diatas dapat kita ketahui dimana elemen tag HTML terdiri dari judul, dan isi berupa paragraf.

HTML memang tidak powerful tetapi merupakan dasar dari semua, baik PHP, CSS, dan Javascript harus memiliki struktur HTML baru bisa bekerja, jadi HTML memiliki peran penting yang wajib dikuasai sebelum masuk dalam teknologi web seperti PHP, Javasript, CSS.

Ada beberapa tips dalam mempelajari HTML adalah dengan memahami setiap kode HTML karena banyaknya kode kadang kita tidak bisa menghafal satu – persatu kode HTML, dengan memahami fungsi dari kode program  HTML maka kita dengan mudah didalam membuat website, apabila lupa tinggal anda lihat catatan 🙂

Tetap ikuti blog IlmuWeb ya shobat pada tulisan berikutnya kita akan belajar tentang berbagai elemen-elemen dasar pada HTML.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *