Tutorial MySQL Penulisan Perintah Dasar Query MySQL

Setelah sebelumnya kita telah Instal MySQL Server dengan XAMPP berhasil maka selanjutnya kita akan mempelajari cara penulisan perintah dasar query MySQL di windows dengan cmd windows.

Untuk masuk ke dalam database admin Mysql langkah awal kita aktifkan start service MySQL pada XAMPP control panel.

Sebagai informasi untuk XAMPP yang saya gunakan adalah versi 5.6.3.

Setiap perintah pada MySQL atau biasa disebut (query) di akhiri dengan tanda titik koma ( ; ) dan tekan enter untuk menjalankan perintah.

Mysql tidak membedakan perintah menggunakan huruf besar ataupun kecil, jadi perintah query (select) atau ( SELECT) akan sama dijalankan tidak ada masalah.

1. Masuk kedalam MySQL client.
Buka cmd Windows dan masuk pada direktori MySQL yang kita instal sesuai dengan lokasi pada komputer kita masing-masing, kalau pada kompter saya lokasi xampp berada pada drive ( E:/XAMPP/mysql /bin ) Selanjutnya Ketik perintah berikut untuk masuk pada database ( mysql – u root ) disini pada default kita tidak menggunakan passowrd jadi langsung masuk pada menu admin ( mysql > ) berarti anda telah masuk pada database MySQL.

2. Cara melihat isi dari Database MySQL.
Ketik perintah ( show databases; ) maka akan tampil berbagai database yang telah kita buat pada mysql.

Dari tampilan diatas terlihat isi dari Phpmyadmin berisi database yang telah ada bawaan dari XAMPP.

3. Membuat Database baru.
Selanjutnya ketik perintah (create database nama_database;) untuk membuat database baru.

Database baru yang saya buat adalah ilmuweb telah berhasil, dan kemudian kita ketikan perintah query ( show databases; ) untuk melihat apakah database ilmuweb telah berhasil dibuat.

4. Masuk ke Database.
Untuk masuk ke database gunakan perintah (use nama_database;) disini saya membuat database dengan nama ilmuweb, maka kita akan masuk ke dalam database yang kita buat sesuai dengan namanya, kemudian untuk melihat isi tabel pada database ( show tables; ) disini karena belum ada isi tabel pada database maka akan tertulis  empty set.

5. Menghapus Database
Pada perintah menghapus database ini kita harus berhati-hati karena kita akan menghapus database beserta data tabel didalam database tersebut.
Gunakan perintah ( drop nama_database; ) untuk menghapus database.

Dari query ok untuk menghapus database artinya database ilmuweb telah berhasil kita hapus, selanjutnya untuk melihat apakah database ilmuweb telah berhasil kita ketikan lagi query ( show databases; ) seperti pada gambar diatas.

OK sekian dulu sahabat tutorial kita tentang Mysql semoga dengan belajar tutorial ini bisa dapat memahami perintah query dasar pada database MySQL.
1. Melihat database MySQL
2. Membuat database MySQL
3. Masuk ke database MySQL
4. Menghapus database MySQL

Salam sukses, majulah programing Indonesia.. 🙂

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *