Begini Cara Mengirim Email Menggunakan PHPMailer & Gmail SMTP

Setelah sebelumnya kita mempelajari cara menghilangkan ekstensi .php dan .html maka saat ini kita melanjutkan tutorial tentang cara mengirim email menggunakan PHP Mailer dan gmail SMTP

Sekarang ini mengirim email merupakan salah satu aktifitas yang sudah sering dilakukan bahkan mungkin hampir setiap hari. Nah,karena menyadari hal tersebut melalui tutorial kali ini Anda pun belajar bagaimana cara mengirim email dengan menggunakan library PHPMailer sehingga Anda dapat mengirim email dengan mudah dari localhost.

Kenapa mesti menggunakan PHPMailer?

Memang sebenarnya di PHP sendiri sudah ada fungsi mail yang merupakan build in function yang dapat Anda gunakan untuk mengirim email, tapi masalahnya fungsi ini tidak akan befungsi kalau Anda mencoba nya dari localhost.

Oleh karena itu, berikut bagaimana cara mengirim email menggunakan PHPMailer:

1. Pastikan Anda mengaktifkan Less Secure Apps pada akun Gmail Anda; Caranya silahkan login ke akun Gmail–Pengaturan-Pada Access for less secure apps pilih Turn On.
2. Selanjutnya download library PHPmailer.
3. Extract isi dari file tersebut, dan nanti akan muncul folder dengan nama PHPMailer-master.
4. Silahkan Anda rename Folder ini menjadi„phpmailer“lalu pindahkan ke Folder „htdocs.“
5. Silahkan rename file gmail.phps menjadi gmail.php yang ada di dalam Folder example
6. Buka file gmail.php tadi dan silahkan edit sesuai dengan konfigurasi Gmail Anda( username, password, addAdress, AddReplyTo DLL )

Apabila sudah selesai silahkan Anda simpan file tersebut dan buka web browser lalu masukan http://localhost/phpmailer/examples/gmail.php pada kolom web address. Jika berhasil maka akan muncul informasi „Message Sent!“

Jangan lupa aktifkan OpenSSL!

Banyak yang lupa atau bahkan tidak tahu sama sekali bahwa extension openssl di Localhost nya belum aktif. Biasanya apabila hal itu terjadi akan muncul error dengan code:

“Mailer Error: Extension missing: openssl”

Jangan khawatir, apabila begini Anda tinggal mengaktifkannya saja dengan cara:

1.Cari file php.ini yang terdapat dalam folder C:\xampp\php
2.Lalu buka file tersebut dan di dalamnya cari script;extension=php_openssl.dll
3.Apabila sudah ketemuubah menjadi seperti iniextension=php_openssl.dll

Simple!

Oiya apabila sudah jangan lupa untuk restart apache Anda dan coba lagi. Bagaimana? Apabila ada pertanyaan jangan lupa untuk bertanya di kolom komentar ya.

Share

You may also like...

1 Response

  1. June 14, 2021

    […] sebelumnya kita mempelajari cara mengirim email dengan PHPMailer maka kita lanjutkan tentang website tempat belajar PHP biar teman-teman bisa […]