Kenali 3 (Tiga) Bagian Penting Kode HTML Untuk Pemula

Setelah sebelumnya kita mempelajari pengantar mengenal HTML maka pada tutorial selanjutnya kita akan mempelajari tiga bagian penting pada tag HTML.

HTML(singkatan: HyperText Markup Language) adalah bahasa pemograman yang mengandalkan markup atau penanda yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah halaman website. Dalam hal ini, HTML berperan sebagai arsitek dalam menentukan struktur dari sebuah konten dan tampilan pada website.

Mengenal 3 (Tiga)Bagian Penting HTML

Apabila Anda baru saja belajar bagaimana cara membaca HTML maka wajib hukumnya bagi untuk selalu mengingat bahwa bahasa ini memiliki 3 (tiga) bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. Ketiga bagian tersebut adalah:

1.Tag,
2.Elemen,
3.Atribut.

Lantas, apa perbedaan Tag, Elemen dan Atribut?

Yang pertama adalah Tag atau penanda. Tag digunakan untuk menandai sebgai awalan dan akhiran dari sebuah Elemen yang berada di dalam HTML. Tag dibuat dari < dan > yang di dalam tanda kurung tersebut dapat diisi oleh elemen-elemen yang juga ditambahkan atribut.

Contoh elemen yang dimaksud adalah:<p>, <a>, <body>, <head> dan sekitar 250 Tag lainnya.

Ingat! Pada biasanya Tag selalu ditulis berpasang-pasangan. Diawali dengan Tag pembuka dan diakhiri oleh Tag penutup yang ditambahkan garis miring (/) di depan nama Tag-nya. Namun, terdapat juga beberapa Tag yang tidak memiliki pasangan penutup(seperti contohnya: <br/> untuk break line/membuat paragraf baru).

Yang kedua adalah Elemen. Fungsi dari Elemen adalah untuk menyusun dokumen HTML. Biasanya Elemen ini disebut dengan node. Suatu Elemen dibentuk dari Tag pembuka, isi Tag, dan Tag penutup. Biasanya dalam 1 (satu) Elemen dapat ditambahkan beberapa Atribut.

Nah! Karena tadi Atribut sudah dimention, maka lanjut ke bagian ketiga yakni Atribut.

Bila berbicara tentang Atribut, maka sebenarnya apa itu Atribut? Secara sederhana ia adalah komponen yang terdiri dari kata khusus yang berada di dalam Tag Pembuka. Dalam beberapa kasus, Atribut juga disebut sebagai modifier yang akan menentukan perilaku dari Elemen.

Itu dia tadi, 3 (tiga) bagian penting HTML yang perlu Anda pelajaridan setidaknya kuasai agar dapat membaca bahasa pemograman ini dengan mudah.

Share

You may also like...