Sistem Informasi Arsip Surat Berbasis Web

Projek Sistem Informasi Arsip Surat Berbasis Web telah selesai dibuat dan ini menyita waktu, sehingga saya baru bisa posting tulisan kembali di blog ini, ada beberapa tantangan didalam mengembangkan sebuah aplikasi pada satu instansi.

Pengelolaan persuratan merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah organisasi, sehingga aplikasi persuratan berbasis web menjadi sangat diperlukan untuk lebih meningkatan pengelolaan persuratan didalam peningkatan kinerja.

Pada intinya saya tetap berpegang pada metode SDLC seperti pada tulisan sebelumnya Bagaimana Cara Membuat Aplikasi yang Berkualitas Dengan Metode SDLC. sehingga projek ini dapat berjalan dengan baik.

Aplikasi ini dibuat menggunakan Codeigniter v.3, Database Mysql. PHP. 7.0. Library Report Exel dan PDF.

Adapun langkah-langkah yang saya terapkan didalam mengembangkan sebuah sistem informasi khususnya pada pembuatan Sistem Informasi Tata Persuratan Digital di sebuah instansi sebagai berikut:

1. Planing

Menentukan tim pengembang dengan teman-teman, serta tujuan dan ruang lingkup, mengidentifikasi masalah, menentukan strategi, dan penentuan teknologi dari aplikasi yang akan di kembangkan.

2. Analisis Sistem

Sistem akan dianalisis bagaimana dijalankan, hasil berupa kelebihan dan kekuaran sistem, fungsi, hingga update atau pembaharuan yang diterapkan.

3. Sistem Design

Tahapan ini menghasilkan prototype dan beberapa output meliputi dokumen berisi pola serta komponen yang diperlukan untuk mewujudkan proyek tersebut. Tahap ini adalah tahap dimana semua hasil analisis dan pembahasan spesifikasi sistem diterapkan pada rancangan sebagai cetak biru (blue print) dimana sistem sudah siap dikembangkan.

4. Implementasi Sistem

Pada tahap ini adalah implementasi rancangan dari tahapan sebelumnya serta melakukan uji coba, dalam implementasi dilakukan.

5. Testing dan Integration

Setelah sistem selesai dikembangkan, sebuah sistem harus melalui pengujian sebelum digunakan.

Tahapan pengujian dari sebuah sistem harus dijalankan untuk ujicoba apakah sistem dapat bekerja dengan optimal atau tidak.

6. Pemeliharaan Sistem

Dilakukan untuk menjaga sistem tetap berjalan secara benar dalam mengadaptasi diri sesuai dengan kebutuhan.

Ini merupakan bagian yang penting untuk sebagai referensi di kemudian hari, sehingga celah ataupun kerusakan yang ditemukan pada proses produksi dapat dilaporkan dan diselesaikan

Berikut tampilan aplikasi Aplikasi Tata Persuratan Digital yang telah selesai dibuat v.0.1 :

Halaman login Tata Persuratan Digital
Dashboard Tata Persuratan Digital
Menu Surat Masuk
Surat Disposisi
Surat Keluar
Laporan Surat Disposisi
Laporan Surat Keluar
Seting Pengolah
Seting User Acount
Seting Role User

Ikuti tulisan menarik lainya pada blog ini :

Ada 5 manfaat dari Aplikasi Tata Persuratan Digital :

  1. Hemat Biaya, dengan bentuk penyimpanan secara digital dapat menghemat biaya, kita tidak perlu membeli lemari atau brankas dan ruangan khusus untuk menyimpan surat, serta menghemat biaya perawatan.
  2. Mudah dan fleksibel, kita dapat dengan mudah dalam mengakses data surat walaupun tidak berada dilokasi atau di kantor,
  3. Keamanan, Dengan sistem penyimpanan secara online maka surat akan terkontrol dengan baik dalam server penyimpanan data surat tersebut.
  4. Pencarian / traking surat lebih cepat. Surat dapat cepat untuk dicari dan kecil kemungkinan untuk surat hilang selama surat sudah terinput didalam aplikasi.
  5. Realtime, Kapanpun dimanapun dengan persuratan digital semua dapat disposisikan dan dilakukan tanpa harus datang ke kantor untuk mengakses surat.

Mungkin dari teman-teman ada yang berminat Aplikasi Persuratan Digital ini dapat menghubungi saya di email : affanul@gmail.com

Terima kasih teman-teman yang selalu mendukung blog ini, semoga bisa bermanfaat.

Share and Enjoy !

You may also like...