Tips Memahami Pentingnya Aplikasi Database MySQL/MariaDb Pada Web Programing

MySQL merupakan aplikasi database yang populer saat ini terutama untuk web programing, namun pada saat ini MySQL telah di abil alih oleh Oracle maka dikembangkan MariaDB sebagai clonig dari MySQL.

MariaDB dikembangkan oleh pengembang dulu yang mengembangkan MySQL artinya seluruh kode program yang dijalankan pada MySQL dapat dijalankan pada MariaDB.

Apabila teman-teman mendownload XAMPP saat ini maka sudah tidak disertakan MySQL akan tetapi MariaDB, untuk itu karena lebih populer MySQL maka disini kita akan menbahas berbagai perintah Query dari MySQL atau Maria DB.

Seperti yang kita bahas sebelumnya MySQL/MariaDB merupakan aplikasi database terutama untuk web programing, sedangkan Database adalah kumpulan data yang terorganisir, atau pada bahasa indonesia kita kenal dengan basis data.

Secara manual yang sederhana data tidak harus didalam komputer tetapi bisa berupa catatan laporan dengan menggunakan kertas apabila kita sususn dengan cara tertentu maka itu bisa juga disebut dengan database.

Terdapat beberapa kelemahan apabila kita menyimpan data manual berupa kertas laporan, mulai dari memakan tempat, akan mudah tercecer dan susah/lama apabila nantinya kita mencari informasi kita harus bongkar satu-persatu laporan.

Saat ini juga sudah banyak aplikasi berupa spreedshet exel yang bisa untuk menyimpan database dalam skala yang kecil dan data yang sederhana, namun untuk data yang kompleks akan lebih baik kita menggunakan aplikasi khusus database yakni MySQL.

Dengan menggunakan MySQL kita dapat menggabungkan dengan bahasa pemprograman HTML, PHP, CSS untuk menampilan interface form sedangkan data disimpan didalam aplikasi database MySQL.

MySQL merupakan aplikasi database dengan model RDBMS Relational Database Management System yakni model database relasional, ada banyak model teori database yang dikembangkan saat ini Flat model, Hirarchical model, Object oriented model dll.

Dari berbagai model database disini kita akan membahas tentang relesional database yang digunakan oleh MySQL / MariaDB yang masih populer digunakan sampai saat ini.

Didalam relasional database model menyimpan data dalam relasi atau yang kita kenal dengan tabel, dimana setiap tabel terdiri dari record, dan atribut (field) atau dalam bahasa indonesia baris dan kolom.

Bagi teman-teman yang belum menginstal MySQL/MariaDB dapat didownload pada XAMPP instal seperti biasa.

Untuk menjalankan masuk pada XAMPP control panel klik start :

Untuk masuk ke database phpmyadmin Ketik localhost/phpmyadmin pada webbrowser apabila telah masuk pada database berhasil maka akan tampil seperti berikut :

phpmyadmin

Kemudian cara kedua untuk masuk pada database Mysql/MariaDb dalam comand promt masuk pada alamat folder yang kita instal XAMPP sebelumnya dan jalankan perintah berikut :

mysql -u root.

Untuk menampilkan database ketik perintah : show databases;

Untuk melihat isi databse ketik : use (nama database) disini saya sudah membuat database phpdasar :

Untuk menampilkan tabel pada database phpdasar ketikan perintah : show tables;

Untuk melihat isi dari data tabel ketikan perintah berikut : select * from mahasiswa;

Ok sampai disini dulu, terimakasih teman-teman sudah membaca sampai selesai, pada tulisan berikutnya kita akan lanjut tentang bagaimana cara membuat database baru, membuat tabel, input data pada tabel, ditunggu ya teman-teman, semoga bermanfaat, salam sukses.

You may also like...