Tips Membaca Dokumentasi Resmi PHP

Saat ini banyak panduan dalam belajar programan dengan menggunakan php khususnya yang berbahasa Indonesia, apalagi yang berbahasa inggris banyak yang bagus-bagus.

Kali ini kita akan belajar bagaimana cara membaca panduan resmi bahasa pemprograman php, pada dokumentasi resmi php ini sayangnya tidak ada yang menggunakan bahasa Indonesia, tetapi menggunakan bahasa inggris

Ikuti artikel menarik lainya tentang : 5 Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Front-End Developer.

Bagi seorang web developer yang menggunakan php sebagai bahasa pemprogramanya disarankan untuk bisa membaca dan memahami dokumentasi resmi dari php karena dokumentasi resmi dapat menjadi acuan yang bagus didalam kita memahami lebih komperhensif berbagai metode dan fungsi-fungsi yang begitu banyak didalam php.

Alamat dokumentasi resmi php di www.php.net :

Selanjutnya kita akan praktek disini kita akan mencoba salah satu fungsi didalam php langkah pertama kita cari salah satu fungsi yang kita butuhkan.

Pertama setelah kita buka dokumentasi php di php.net kemudian ketik salah salah satu fungsi yang kita butuhkan di search :

Disini kita mengambil contoh salah satu fungsi yakni fungsi date.

Pada bagian awal terdapat nama fungsi date, kemudian deskripsi cara menggunakan fungsi date, dimana fungsi date ini untuk menampilkan format tanggal pada php.

Selanjutnya terdapat kolom format karakter string untuk penampilan tanggal berupa karakter deskripsi dan contoh tampilan.

Pada bagian selanjutnya terdapat contoh penggunaan dan menampilkan fungsi date dalam berbagai cara sesuai dengan kebutuhan.

Pada bagian akhir terdapat berbagai komentar dari pengguna php tentang fungsi date yang bisa kita jadikan contoh didalam menggunakan fungsi date.

Berikut source code contoh fungsi date download : source code fungsi date

Ok sekian dulu tutorial cara membaca dokumentasi resmi php semoga dengan kita memahami cara membaca dokumentasi resmi php kita bisa memahami berbagai fungsi php dan cara menggunakananya.

Karena php banyak sekali terdapat fungsi-fungsinya dan tidak mungkin kita bisa menghafal semua fungsi tersebut, maka dari itu panduan cara membaca dokumentasi resmi php sangat dibutuhkan bagi web developer yang menggunakan php sebagai bahasa pemprogramanya.

Semoga bermanfaat bagi sahabat yang sedang belajar web programing, salam sukses penuh keberkahan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *