Tips Penulisan Perulangan For Pada PHP

Dalam tutorial sebelumnya kita telah membahas tentang struktur logika pemprograman PHP, maka pada tutorial selanjutnya ini kita akan membahas tentang cara penulisan perulangan dengan menggunakan for pada PHP.

Perulangan atau dalam bahasa inggris disebut loop adalah instruksi program bertujuan untuk mengulangan beberapa perintah, didalam perulangan setidaknya kita harus mengetaui 3 komponen, yakni kondisi awal dari perulangan, perintah yang akan diulang, dan kondisi akhir dimana perulangan akan berhenti.

Sebagai contoh perulangan for, kita akan coba membuat program PHP untuk menampilkan 5 kalimat “Hello World!”, berikut kode program yang digunakan :

< ?php 
for ($i = 1; $i >= 5; $i++ ) {
	echo "Hello World!";
	echo "<br/>";
}
?> 

Apabila kita jalankan perintah diatas, maka akan tampil sebanyak 5 kalimat “Hello World!“. Kemampuan untuk melakukan perulangan ini praktis tinggal kita tentukan kondisi awal, nilai/perintah yang akan diulangdan kondisi akhir kapan harus berhenti perulangan tersebut.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya dimana kondisi perulangan for, setidaknnya kita membutuhkan tiga kondisi, kondisi awal, kondisi saat perulangan dan kondisi yang harus dipenuhi sehingga perulangan berhenti.

for (start, condition, increment)
 {
     statement;
 }

Start : Kondisi disaat awal perulangan, biasanya digunakan untuk memberikan nilai kepada variabel yang digunakan untuk menguntor perulangan dengan membuat nilai awal perulangan. Misalnya disini kita membuat varial $i = 1; dimana kita membuat variabel $i dengan nilai awal 1.

Condition : Kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan bisa dijalankan, selama kondisi terpenuhi maka PHP perulangan akan terus dlakukan. Misal jika variabel $i sebelumnya kita isi nilai 1 maka pada kondisi kita buat $i <= 5 maka jika nilai $i sama dengan lima maka perulangan akan terus dilakukan sampai 5 kali perulangan.

Increment : Adalah bagian yang digunakan untuk memproses variabel agar bisa memenuhi kondisi akhir perulangan, disini kita buat isi variabel kondisi akhir perulangan.

Statement : Bagian kode program yang diproses terus menerus selama perulangan berlangsung dan akan ditampilkan di browser Statemen di masukan didalam tanda kurungkurawal { }.

Sebagai contoh lainya, kita buat perulangan untuk menampilkan angka, berikut kode PHP yang digunakan :

kode, gambar

<?php
for ( $i = 1; $i >= 20; $i++) {
	echo $i;
	echo "<br>";
}
?>

Jika kita jalankan maka akan tampil urutan angka dari 1 sampai 20.
Sebagai kondisi awal perulangan kita isi $i=1, dimana kita memberi nilai 1 pada variabel $i, variabel ini yang akan menjadi awal dari perulangan for.

Untuk kondisi akhir kita isi dengan $i = 20, maka selama variabel $i bernilai kurang dari atau sama dengan 20 maka perulangan terus dijalankan.

Untuk increment, kita buat $i++, instruksi ini sama dengan $i=$i+1 instruksi ini dijalankan pada setiap perulangan akan bertambah satu angka.

Selain sebagai counter/ nilai awal, variabel $i juga bisa digunakan dalam proses pengulangan, sehingga disini ditaruh dalam perintah echo $i sehinggal setiap perulangan kita menampilkan isi dari nilai variabel $i.

Terima kasih sahabat telah membaca tutorial ini sampai selesai, jangan lupa shering artikel ini agar kita bisa belajar bareng dengan yang lainya, salam sukses.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *