Tutorial Belajar Javascript #5 : Struktur Logika If Else

Tutorial belajar Javascript 5 : Struktur logika IF ELSE.

Jika pada tutorial Javascript sebelumnya kita mempelajari tentang Perulangan For dan While di Javascript maka pada tutorial kali ini kita masuk pada pembahasan tentang Struktur logika if else pada Javascript.

Struktur if adalah struktur dalam pemprograman atau pengkondisian, apabila suatu kondisi atau nilai terpenuhi maka perintah akan di eksekusi serta akan menjalankan kode program lain jika kondisi tidak terpenuhi.

Berikut struktur penulisan format logika IF dan ELSE pada JavaScript.

if (kondisi) {
// kode program jika dipenuhi/ True
} else {
// kode program jika kondisi tidak terpenuhi/ False

Kondisi pada strutktur logika IF bisa berisi variabel dengan tipe data boolean, atau kode program yang menghasilkan boolean ( true / false ).

Berikut adalah contoh sederhana program dengan JavaScript dengan struktur logika IF :

// Pengulangan dengan kondisi iF ELSE

var angka = parseInt(prompt('masukan angka: ') ); 
if(angka % 2 == 0 ) {
    alert(angka + ' adalah bilangan GENAP');
} else if (angka % 2 == 1) {
    alert(angka + ' adalah bilangan ganjil');
} else {
    alert ('yang anda masukan bukan angka!');
}

Pada contoh kode program diatas adalah contoh kode program akan menampilkan hasil angka dari bilangan genap, dimana terdapat dua kondisi pada baris IF pertama jika user memasukan angka dan apabila angka yang di input user hasilnya sisa habis dibahagi sama dengan nol maka hasil tampil “angka adalah bilangan genap“, sedangkan kondisi apabila angka yang diinput user terdapat siswa bahagi tidak sama dengan nol maka muncul tampilan “angka adalah bilangan ganjil“, dan kondisi ketiga apabila user input tidak sama dengan angka maka akan mengeluarkan hasil “yang anda masukan bukan angka!”

Pada tutorial ini kita telah mempelajari tentang tata cara penulisan dan penggunakan struktur if dan else pada Javascript, dan masih ada struktur logika pada Javascript yang akan kita bahas selanjutnya yakni SWITCH dalam Javascript. Ditunggu aja ya teman-teman pada tutorial selanjutnya yang lebih seru lagi.

Ok terimakasih sudah membaca tutorial ini sampai selesai, semoga bermanfaat.

Share

You may also like...

1 Response

  1. January 18, 2021

    […] pada tutorial Javascript sebelumnya kita mempelajari tentang Struktur Logika If Else maka pada tutorial kali ini kita masuk pada pembahasan tentang bagaimana cara membuat fungsi pada […]