Tutorial Belajar Javascript #6 : Membuat Fungsi pada Javascript

Tutorial belajar Javascript #6 membut fungsi pada Javascript.

Jika pada tutorial Javascript sebelumnya kita mempelajari tentang Struktur Logika If Else maka pada tutorial kali ini kita masuk pada pembahasan tentang bagaimana cara membuat fungsi pada Javascript.

Fungsi pada javascript adalah sub-program yang buat sekali, dan kita bisa gunakan kembali didalam program itu sendiri, maupun program orang lain, sehingga kita tidak perlu membuat kembagi kode tersebut kita tinggal memanggilnya kembali.

Pada Javascript fungsi adalah sebuah objek yang memiliki Properti dan Method, berikut cara membuat fungsi pada Javascript.

Fungsi pada Javascript inilah yang membuat bahasa pembprograman Javascript menjadi powerfull

function namaFungsi() {
 console.log("Hello Ilmu Web");
}

Struktur atau cara didalam membuat fungsi adalah diawali dengan fungtion selanjutnya nama fungsi, kemudia tanda buka tutup kurung dan bisa diisi dengan parameter atau bisa dikosongkan, kurukurawal didalamnya diisi fungsi yang akan kita jalankan, dan selanjutnya untuk memanggil fungsi adalah dengan menulis nama fungsi : namaFungsi();

Sebagai latihan kita buat file latihan.html

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">

<head>
    <meta charset="UTF-8">
    <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
    <title>Belajar Javascript</title>

</head>

<body>
    <h1>Hello World</h1>

    <script src="script.js"></script>
</body>

</html>

Buat file javascript terpisah dengan nama file script.js nama disesuaikan dengan yang kita inginkan, disini saya buat file Javascript dengan nama script.js maka pada akhir sebelum body penutup tag HTML saya panggil file tersebut.

Javasript pada latihan kita kali ini akan membut fungsi untuk mengalikan dua buah bilangan, berikut codingnya .

script.js

// fungsi perkalian dua bilangan 

function kali (a,b){
    return a * b;
}

console.log('Hasil Kali dari dua bilangan adalah : ' + kali(5, 5));

Dari skript diatas kita bisa belajar bagaimana kita membuat sebuah fungsi kali pada dua bilangan, dimana nama fungsi yang kita buat adalah kali, dengan parameter a dan b, didalam body fungsi kita kembalikan hasil kali bilangan pada parameter a kali b.

Selanjutnya kita tampilkan hasil dari perkalian dua bilangan tersebut adalah menggunakan console log dan kita panggil fungsi kali, ok teman-teman bisa coba dengan megganti angka 5 x 5 diatas dengan angka lainya apakah nilainya berubah, hasil dari fungsi yang kita buat adalah sebagai berikut.

Selanjutnya teman-teman bisa mencoba latihan dengan menggunakan operator matematika lainya dengan penambahan dua bilangan, atau pengurangan.

OK terima kasih teman-teman sudah mengikuti tutorial singkat ini sampai selesai, semoga bermanfaat.

Share

You may also like...

1 Response

  1. January 25, 2021

    […] pada tutorial Javascript sebelumnya kita mempelajari tentang Membuat Fungsi Pada Javascript maka pada tutorial kali ini kita masuk pada pembahasan tentang bagaimana cara membuat fungsi pada […]