Tutorial Codeigniter #1 Pengenalan Codeigniter Untuk Pemula

Setelah teman-teman mempelajari basic PHP dan OOP pada PHP maka saatnya kita mencoba Framework Codeigniter.

Framework banyak membantu dan terbukti didalam web developer mengembangkan web, saya telah mencoba sudah beberapa bulan menggunakan Framework Codeigniter ini, sampai-sampai belum bisa posting tulisan di blog kesayangan kita ini karena mencoba sensasi menggunakan codeigniter.

Disini saya mencoba menggunakan codeigniter versi 3, dan memang sangat membantu didalam membangun website lebih cepat dan juga menghemat biaya dan tenaga.

Codeigniter cukup populer di Indonesia dan banyak yang menggunakannya.

Apa itu framework?

Sebelum kita masuk di codeigniter kita bahas apasih itu Framework, framework dalam bahasa indonesia adalah kerangka kerja.

Saat kita akan membuat sebuah website sederhana tanpa menggunakan framework maka akan tidak begitu sulit untuk mengatur halaman dan code, akan tetapi apabila website yang kita bangun sudah semakin kompleks maka kita akan kesulitan apabila tidak kita manajemen dengan baik file dan code, sehingga code kita akan berantakan.

Apabila kode kita berantakan maka kedepan pada tahap pengembangan orang lain tidak akan mudah memahami kode yang telah kita buat.

Maka dari itu diciptakan kerangka kerja atau framework, sehingga kita bisa bekerja dengan lebih mudah, dan menyediakan bahan/librari yang siap kita pakai sehingga kita tidak membuat dari nol.

Selain itu Framework juga memiliki aturan yang harus kita ikuti sebagai contoh :

  1. Menaruh kode yang memiliki fungsi yang sama pada satu folder
  2. . mengikuti aturan penulisan kode (writing conventions) yang telah di sepakati, dsb

Jadi kita sekarang mengetahui dimana framework adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan membantu developer dalam mengambangkan aplikasi web dengan baik dan konsisten.

Codeigniter.com

Apa itu Codeigniter?

Codeigniter adalah salah satu framework untuk membuat website dengan bahasa pemprograman PHP.

Codeigniter dikenal dengan menggunakan konsep MVC, MVC merupakan singkatan dari Model – View – Controler.

Keunggulan Codeigniter, dan Beberapa kelibihan dari Codeigniter adalah sebagai berikut :

  1. Performa cepat
  2. Konfigurasi yang simpel.
  3. Komunitas banyak.
  4. Dokumentasi lengkap
  5. Mudah dipelajari untuk pemula.

Saya memilih CI ini karena bagi pemula CI mudah dipelajari, setelah saya mencobanya sendiri dan betul CI ramah untuk pemula dan tidak tergantung pada tool tambahan seperti composer, orm, template enggine, dll. dan saat ini banyak website yang menggunakan codeigniter, jadi teman-teman tidak usah ragu untuk mempelajari CI.

OK terima kasih sahabat telah membaca tulisan ini sampai selesai, pada tulisan berikut kita akan membahas bagaimana cara menggunakan CI dari instalasi sampai setinganya, di tunggu ya sahabat, salam sukses.

You may also like...

1 Response

  1. November 3, 2020

    […] pada tulisan sebelumnya kita membahas pengenalan Codeigniter, langkah berikut adalah bagaimana atau persiapan apasaja yang diperlukan didalam Instal […]