Tutorial Codeigniter #3 Mengenal Routing di Codeigniter

Roting pada Codeigniter memiliki tugas menentukan controller dan method/fungsi yang nantinya akan dijalankan ketika user pengguna aplikasi dijalankan, jadinya apabila user mengakses alamat website ktia maka index kita pada router inilah yang menampilkan halaman awal / index yang akan ditampilkan pertama kepada user.

Pada tutorial ini kita akan membahas bagaimana cara kita mengatur route, pada tutorial sebelumnya teman-teman sudah mengikuti persiapan belajar codeigniter disitu telah dijalaskan langkah awal cara instal codeigniter, dan setelah berhasil maka tampilan awal adalah sebagai berikut, oia jangan lupa teman-teman untuk jalankan web servernya disini saya menggunakan XAMPP.

Tampilan diatas adalah route default dari codeigniter dimana diarahkan ke controler welcome.php dan menampilkan fungsi view welcome_message.php

Sebelum kita merubah controler dan view maka Struktur direktori pada codeigniter 3 yang harus teman-teman ketahui adalah sebagai berikut.

Untuk mengatur route maka kita masuk ke dalam direktori aplication/config/routers.php

Jadi pada standar route direktori default codeigniter dia mengakses default controler route Welcome sebagai controler default, dan kita lihat pada direktori controler terdapat file controler default Welcome.php dan pada direktori view terdapat file welcome_message.php sebagai tampilan awal yang ditampilkan pada user.

Sebelum kita seting controler, maka kita seting wajib pada beberapa bagian codeigniter.

  1. Ganti alamat Base URL $config[‘base_url’] = ‘http://localhost/ilmu_web/’; disesuaikan dengan alamat yang terdapat pada localhost server teman-teman, dan seting base_url terdapat pada file ( application/config/config.php ), base_url merupakan untuk bagian penting untuk mengatur tampilan awal alamat url, dan pada seting $config[‘index_page’] = ‘index.php ‘; index.php dihilangkan.
$config['base_url'] = 'http://localhost/ilmu_web/';

$config['index_page'] = '';

2. Buat file .htaccess pda root direktori dan masukan skrip berikut yang berguna untuk menghilangkan index.php pada halaman view controller .

RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Langkah selanjutnya kita akan latihan dengan membuat file controler dengan nama home.php sebelum membuat controler home maka kita rubah setingan $route[‘default_controller’] = ‘welcome’; diarahkan ke controler baru Home :

$route['default_controller'] = 'Home';

Kemudian pada controler kita buat file controler baru dengan nama Home.php dan masukan fungsi dan method sebagai berikut :

<?php
defined('BASEPATH') or exit('No direct script access allowed');

class Home extends CI_Controller
{
    public function index()
    {
        $this->load->view('home/index');
    }
}

Buat view untuk tampilan halaman index, sebelumnya kita buat tampilan view terlebih dahulu folder home, buat file index.php

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
    <meta charset="UTF-8">
    <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
    <title>IlmuWeb.NET</title>
</head>
<body>
    <h5>Selamat datang di Ilmuweb.Net</h5>
    <p>Blog berlajar programing web Indonesia</p>
</body>
</html>

Setelah selesai maka kita coba jalankan file tersebut, maka akan menghasilkan tampilan sebagai berikut :

Nah mudah kan teman-teman, kalau kita lihat tampilan diatas sederhana hanya menggunakan kode tag HTML biasa, maka disini kita coba rubah tampilan dengan menggunakan bootstrap agar lebih menarik dan berbagai komponen pada bootstrap bisa kita gunakan.

Untuk mengunakan bootstrap kita bisa masuk pada halaman dokumentasi cara instal bootstrap alamat disini kemudian kita copy template bootstrap Starter template :

Selanjutnya paste script tersebut pada halaman view/home/index.php

Tampilan setelah bootstrap sebagai template berhasil kita jalankan adalah sebagai berikut :

Nah lebih keren kan teman-teman dari tag HTML standar awal yang kita gunakan,. 🙂 sekian dulu teman-teman terima kasih telah membaca sampai selesai dan semoga bermanfaat, pada tulisan berikutnya kita akan membahas bagaimana cara membuat database kemudian kita membuat koneksi ke codeigniter serta menampilkan isi database tersebut dengan menggunakan codeigniter dan template css bootstrap.

Untuk lebih jelasnya teman-teman dapat download script latihan diatas DOWNLOAD Tutorial Codeigniter #3

You may also like...