Tutorial Codeigniter 4 : Instalasi dan Persiapan Belajar Codeigniter 4

Tutorial Codeigniter 4 – CodeIgniter 4 memberikan beberapa kelebihan dibanding versi sebelumnya, khususnya pada peningkatan performa yang telah didukung PHP versi 7, Framework CodeIgniter berbasis pada bahasa program PHP saat ini memiliki struktur kode terorganisir lebih baik sehingga proses pembuatan serta pengembangan aplikasi menjadi lebih efektif.

Sebelum kita masuk pada tutorial Codeigniter saya mengajak untuk mengingat kembali dimana Framework adalah kerangka kerja yang memiliki fungsi yang sangat besar bagi para programer, dimana dengan menggunakan framework memiliki kelebihan yakni penyusunan kode lebih terstruktur dengan baik dan konsisten tersusun dengan rapi, serta mempercepat pembuatan serta pengembangan sebuah aplikasi apalagi yang memiliki skala yang besar, dan memiliki sistem keamanan yang lebih baik.

Codeigniter 4 menggunakan konsep arsitektur paradigma MVC (Model, View, Controler) ini adalah tiga komponen utama untuk mengembangkan website, Model untuk berhubungan dengan database, View sebagai tampilan, serta Controler berfungsi menghubungkan model dan view agar menjadi website secara keseluruhan.

Sebelum melanjutkan tutorial ini teman-teman bisa membaca tutorial sebelumnya tentang Codeigniter 3

  1. CRUD Codeigniter 3
  2. Pentingnya membuat URL Alias pada Codeigniter 3
  3. Mengenal Routing pada Codeigniter 3

Instalasi Codeigniter 4

Sebelum instalasi Codeigniter 4, ada beberapa yang perlu dipersiapkan yakni:

  1. XAMPP aplikasi server website pada server localhost
  2. Composer tool untuk mengelola package library PHP yang memudahkan instal dan update library
  3. Code Editor Aplikasi yang digunakan untuk menulis kode program disini kami menggunakan VS Code.

Instalasi Codeigniter dapat dilakukan dengan dua cara:

  1. Manual, untuk instal secara manual download file zip dari Codeigniter melalui website resmi, Codeigniter setelah berhasil download ekstrak pada C:/xampp/htdocs.

2. Instalasi dengan composer, cara kedua kita menggunakan composer kelebihannya path folder project anda bisa dibuat dimana saja tidak perlu di htdocs, dan proses instalasi dengan perintah satu baris :

composer create-project codeigniter4/appstarter ci-project --no-dev

Setelah proses instalasi selesai untuk mengakses Codeigniter 4 jalankan perintah :

php spark serve

Buka web browser akses localhost:8080 maka halaman awal Codeigniter akan tampil seperti gambar dibawah ini :

OK sekarang teman-teman telah memiliki project Codeigniter 4 yang siap untuk digunakan, setelah selesai, pada tutorial berikutnya kita akan lanjut dengan membuat aplikasi CRUD sederhana dengan menggunakan codeigniter.

Terima kasih telah membaca tutorial ini sampai selesai, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman apabila tulisan ini bisa bermanfaat.

You may also like...